INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER, CMS WORDPRESS DAN JOMLA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktikum adalah kegiatan merupakan hal uang sangat penting dalam proses belajar mengajar khususnya di ruang lingkup Politeknik Negeri Lampung. Selain belajar teori mahasiswa diharuskan mengikuti kegiatan praktikum , Kegiatan praktikum dilakukan dengan tujuan untuk menambah pemahaman tentang materi yang telah diberikan. Mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan praktikum yang berisi tentang kegiatan yang sudah dilakukan saat praktikum. Praktikum ini akan membahasa tentang cara menginstall dan mengkonfigurasi FTP server, CMS WordPress dan CMS Jomla

1.2 Tujuan

  1. Mahasiswa dapat Malakukan instalasi dan konfigurasi FTP server
  2. Mahasiswa dapat menginstal CMS WordPress dan Jomla
  3. Mahasiswa dapat membuat database MySQL di phpmyadmin
  4. Mahasiwa dapat mengubah hak akses file

1.3 Rumusan Masalah

  1. Apa itu FTP server ?
  2. Bagaimana Cara menginstall dan mengkonfigurasi FTP Server ?
  3. Apa itu CMS WordPress dan Jomla ?
  4. Bagaimana cara menginstall CMS WordPress dan Jomla ?
  5. Bagaimana cara membuat database di phpmyadmin ?
  6. Bagaimana cara merubah hak akses file dan directory ?

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian STP Server

FTP singkatan dari file transfer protocol yang berfungsi untuk melakukan tukar-menukar file dalam seuatu jaringan menggunakan koneksi TCP dan bukan UDP. Dalam file transfer prokol harus ada 2 type FTP yaitu FTP server dan FTP client dan keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi dari FTP server adalah Memberikan sebuah service atau layanan kepada FTP Client apabila FTP Client meminta request dalam urusan tukar-menukar file, sedangkan ftp client berfungsi untuk meminta koneksi ke FTP server agar dapat melakukan download dan upload file ke server, namun dapat juga melakukan update file, dalate file dan lain lain sesuai dengan izin yang diberikan saat melakukan konfigurasi ftp server.

Beberapa tujuan FTP Server :

  • Menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  • Menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
  • Sharing data

2.2 Pengertian WordPress

wordpress atau yang biasa kita kenal dengan sebutan WordPress self host merupakan platform yang banyak digunakan untuk membuat sebuah blog atau bahkan toko online. Platform yang satu ini sangat bisa di andalkan dalam hal pembuatan situs blog atau toko online, terlebih lagi cms wordpress ini sering melakukan permbaruan dengan tujuan menambahkan fitur-fitur baru juga menutup bug dari cms ini.

Banyak situs terkenal yang juga menggunakan CMS yang satu ini. Kita diberikan kebebasan untuk memodifikasi platform ini karna sifatnya open source, juga terdapat banyak plugin-plugin canggih yang dapat kita gunakan sebagai optimalisasi situs kita. WordPress juga menyediakan banyak Themes (tema) gratis yang bisa kita gunakan.

Jadi dengan menggunakan cms ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup membayar untuk biaya domain dan server saja. Karna cms ini juga gratis dan dapat kita gunakan sesuka hati juga banyak plugin dan themes gratis. Namun tedapat juga themes dan plugin premium yang mengharuskan kita membayar dengan nominal tertentu jika kita ingin menggunakanya karena plugin dan themes premium tersebut memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan plugin dan themes free

2.3 | Pengertian Jomla

Joomla merupakan CMS (Content Management System) yang berbasis open source yang di buat dengan PHP dan Basis data MySQL yang biasa kita gunakan untuk membuat blog atau website. Beberapa fitur jomla di antaranya sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll.

Secara garis bersar CMS ini memiliki elemen dasar diantaranya adalah web server (jomla menggunakan webserver apache), php dan basisdata MySQL.

Beberapa keunggulan dari CMS Jomla :

  • Banyak fitur yang terdapat dalam cms ini yang lebih mengedepankan sebuah situs yang dinamis, unik dan menarik
  • Dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan
  • Mengintegrasikan system lain ke dalam cms jomla dalam bentuk modul-modul. Jika dalam cms wordpress ini di sebut Plugin.
  • Lebih lengkap dalam fitur administrasi dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan

Contoh situs Pendidikan yang menggunakan CMS Jomla : http://polinela.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *