Faedah jadi seorang ibu rumah tangga

ada banyak faedah atau keutamaan menjadi seorang ibu yang tidak menjadi wanita karir, banyaknya keutamaan tersebut yang akhirnya membuat banyak calon bapak memilih mencari seorang istri yang tidak berkarir di luar rumah. termasuk saya sendiri tentunya. saya lebih cendrung untuk memilih seorang wanita yang lebih fokus kepada keluarga di bandingkan harus berkarir di luar untuk mencari uang uang dan uang. karena bagi saya hidup bukan soal uang atau mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.

namun tidak ada salahnya jika anda tetap ingin menjadi wanita karir karena beberapa alasan, namun ingatlah bahwa status anda adalah seorang istri dan anda memiliki kewajiban di antaranya menaati perintah suami (dalam hal kebaikan), jangan pernah keluar rumah tanpa seijin suami, taat kepada suami ketika di ranjang, tidak mengijinkan orang tidak di kenal masuk ke rumah tanpa ijin suami dan tidak berpuasa sunnah tanpa ijin suami. jadi intinya anda harus patuh kepada suami apabila suami  selama hal tersebut mengajak pada kebaikan. seperti contohnya ketika anda tidak di ijinkan untuk berkerja dan hanya fokus terhadap keluarga.

beberapa keuntungan yang bisa keluarga, diri sendiri dan suami apabila seorang ibu tetap tinggal di rumah dan tidak berkarir di luar rumah.

#1.  Untuk keluarga

istri yang selalu tinggal di rumah akan memiliki lebih memiliki banyak waktu untuk keluarganya, menghabiskan setiap waktu bersama anak-anak atau pasanganya dan dapat melakukan pekerjaan ibu rumah tangga seperti pada umumnya. contohnya mengurusi suami, mendidik anak-anak, menyiapkan makanan untuk keluarganya.

Selain hal utamanya seorang ibu yang tinggal di rumah dapat mengelola keuangan dengan baik dan jika ia ingin menambah penghasilan suaminya maka bisa membuka bisnis/usaha kecil-kecilan sebagai pekerjaan sampingan. ketika serang ibu selalu tinggal di rumah maka akan memiliki kedekatan yang sangat erat kepada anak-anaknya serta akan menurunkan karakteristik kepada anak-anaknya kemudian dapat terjalin  komuninasi  yang baik antar anggota keluarga sehingga kemungkinan terjadinya broken home sangat kecil.

#2. Untuk dirinya sendiri

seorang wanita biasanya sangat suka dalam berdandan atau merawat diri, ketika seorang ibu selalu tinggal di rumah maka ia akan memiliki waktu-waktu kosong yang bisa di gunakan untuk perawatan, dan wanita di tuntut untuk bisa tampil cantik dan menarik di depan suaminya (jadi bedandan tidak hanya saat menghadiri sebuah acara saja)

karena tidak ada tuntutan pekerjaan, seorang istri akan terhindar dari stress dan kehormatan seorang istri akan lebih terjaga jika ia selalu ada di rumah dan terhindar dari fitnah-fitnah.

#3. Keuntungan bagi suaminya

ketika seorang istri selalu tinggal di rumah tentunya dia bisa selalu siap melayani kebutuhan suaminya (kebutuhan jasmani dan rohani, Terlebih lagi ketika ibu tersebut memiliki status ke ilmuan yang sama maka bisa memantu pekerjaan suami di  rumah.

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *