Cara Buka File ISO di Linux

Cara Buka File ISO di Linux – Ketika anda mendownload file dari internet, tak jarang anda menemukan file berestensi .ISO . biasanya anda akan mendapati file dengan estensi .ISO ketika mendownload sistem operasi ataupun game. file iso biasa di sebut juga sebagai file image iso yang memang biasanya di gunakan untuk membungkus file installer sistem operasi, game ataupun software installer.

Cara membuka file iso ?

jika anda menggunakan sistem operasi windows maka anda bisa menggunakan software seperti power iso, ultra iso atau bahkan winrar. namun bagaimana jika anda menggunakan sistem operasi linux ? nah di bawah ini akan admin tuliskan tutorial singkat cara membuka file .ISO di linux tanpa software.

Langkah-Langkah membuka file iso di linux

  1. jalankan terminal kemudian masuk sebagai root.
  2. – buat direktory baru dengan cara mengetikan mkdir cdroom nama directory
    contoh : mkdir cdroom
    maka akan di buat directory baru dengan nama cdroom
    – ketikan mount path file iso kemudian nama directory yang baru anda buat
    Contoh :
    sudo mount /mnt/diskilham/GTA\ V.iso /media/cdroom
    gunakan tab untuk memudahkan anda dalam mengetiknya. contoh ketik nama depan direktory dan tekan tab.
  3. Selanjutnya coba lihat file iso anda sudah berhasil di mounting. namun anda hanya memiliki hak akses untuk meread (membaca/membukanya) tanpa bisa mendelete atau mengupdatenya.

yehh.. itu dia tutorial singkat cara buka file iso di linux. singkat dan easy .. very very easy. semoga tutorial membuka file iso ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *