Cara backup data pada sistem operasi yang rusak

Cara backup data pada sistem operasi yang rusak – Ketika sistem operasi yang anda gunakan rusak maka barulah anda sadar betapa pentingnya membackup (cadangkan) data, terlebih lagi data tersebut berada di drive C dan banyak data penting di dalamnya. Anda tidak perlu kewatir akan hal itu, masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil data dari drive C yang sistem operasinya bermasalah.

bermasalah yang admin maksud adalah kita tidak dapat booting ke dalam sistem operasi tersebut. cara gampang yang bisa anda lakukan adalah langsung menginstall pc anda kembali tanpa menghapus data pada drive C.  jika anda sebelumnya menggunakan sistem operasi windows dan ingin menginstallnya kembali dengan sistem operasi windows, maka data anda akan berada di drive C dengan nama directory windows old.

namun ada cara ampuh yang biasa di lakukan oleh para teknisi komputer, yaitu dengan cara booting menggunakan sistem operasi live (linux live) atau dengan menggunakan hirens boot (dlc boot). dengan cara itu maka anda bisa masuk kembali menggunakan sistem  operasi live (tanpa di install bisa di gunakan) dan kemudian memindahkan data anda ke drive lain, setelah itu baru di lakukan penginstallan sistem operasi yang baru.

 

Live CD Linux

beberapa distro linux mendukung untuk live cd, untuk membuat live cd silahkan baca artikel ini Cara buat bootable Kali linux dengan flashdisk

Desktop Live kali linux

 

Hirens Boot

hirens boot adalah salah satu tools yang  populer di gunakan oleh teknisi komputer, tools yang satu menyediakan banyak sekali dukungan software untuk keperluan repair komputer. hirens boot juga di lengkapi dengan mini windows xp, jadi pada kasus ini anda hanya perlu booting menggunakan mini windows xp kemudian melakukan backup data. untuk menggunakan hirens boot anda hanya perlu membuat bootablenya (dengan flashdisk) atau jika dengan cd drive maka anda bisa memburning hirens boot tersebut ke dalam cd. untuk mendownload iso hirens boot silahkan kunjingi situs resminya.

Penampakan mini windows xp, sangat ringan dan mudah untuk di gunakan. banyak sekali tools yang terdapat di windows mini ini, gunakan sesuai kebutuhan anda. seperti contonnya adalah tools untuk mengatur partisi hardisk.

 

DLC BOOT

DLC BOOT sendiri hampir sama seperti hirens boot, yang paling membedakan adalah pada hirens boot hanya terdapat 1 sistem opasi yaitu mini windows xp namun berbeda halnya dengan DLC BOOT, tools yang satu ini memiliki banyak mini sistem operasi. perbaedaan lainya adalah tools-tools aplikasi yang ada di dalamnya. admin sendiri lebih prefer ke DLC boot.

File Explorer yang ada di DLC BOOT mini windows 10. silahkan explore lebih jauh untuk mengetahui tools apa saja yang ada di dlc boot ini.

semoga cara cara yang sudah di tuliskan di atas dapat menjadi solusi dari permasalah anda, langkah yang sangat mudah untuk mengambil kembali data anda pada sistem operasi yang rusak, dan jangan lupa untuk selalu melakukan backup data penting anda. admin sarankan untuk membackupnya di cloud (drive google, Drobox dsb) agar data-data anda lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *