PERENCANAAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL “Qozza Corp” BERBASIS WEB

PERENCANAAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL “Qozza Corp” BERBASIS WEB

 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan berkah, rahmat, karunia serta hidayah-Nyalah saya dapat menyalesaikan makalah Sistem Informasi Manajemen yang berjudul perencanaan sistem informasi rental mobil “Qozza Corp” berbasis web

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Untuk itu saya selaku penyusun sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Terutama kepada dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yang telah memberikan bimbingannya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan tepat pada waktunya.

Selaku penyusun saya sangat mengetahui bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saya mohon kritik dan saran yang membangun agar kami dapat menyusunnya kembali lebih baik dari sebelumnya.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi saya selaku penyusun

Bandar Lampung, 29 mei 2017

Ilham vanny putra

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Sistem Informasi Rental mobil Cozza Corp merupakan sistem yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang suka berwisata dan berpergian mendapatkan sarana transportasi dengan pelayanan yang mudah dan cepat, cukup dengan internet kita bisa mencari dan melakukan pemesanan mobil yang kita inginkan untuk dipakai dalam menemani setiap perjalanan anda.

Metode perancangan sistem yang digunakan adalah adalah SDLC (System Development Life Cycle) yaitu siklus hidup pengembangan sistem. Untuk mengembangkan sebuah sistem mempunyai proses/urutan terkait dengan sistem yang dikembangkan, SDLC sendiri adalah proses yang digunakan oleh analisis sistem untuk mengembangkan sistem informasi mulai dari analisis/penentuan kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem, perawatan sistem

1.2 Rumusan masalah

  • Apa itu sistem informasi ?
  • Bagaimana cara memudahkan pelanggan dalam memesan mobil ?
  • Bagaimana cara meningkatkan layanan Qozza Corp ?

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Sistem informasi

Informasi merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Data merupakan fakta nilai yang tercatat atau mempresentasikan diskripsi dari suatu obyek. Data merupakan suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan sistem informasi.

PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Xampp

Xampp adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (lokalhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Web Browser

Web browser adalah perangkat lunak untuk menampilkan dokumen web (HTML). Selain ituweb browser dapat dilengkapi beragam plugin yg dapat menampilkan beragam jenis dokumen lain misalnya PDF, potscript, Macromedia Flash untuk file animasi dan sebagainya. Web browser berkomunikasi dengan web server lewat jaringan komunikasi menggunakan protokol HTTP. Browser mengirim pesan meminta dokumen atau layanan tertentu web server. Web server kemudian menanggapi dengan mengirim dokumen atau menjalankan layanan tertentu di server dan mengirim hasil menggunakan protokol HTTP. Kemudian browser akan menerima dokumen HTML tanggapan dari web server dan menampilkannya di layar.

Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan sebuah HTML editor professional untuk mendesain web secara visual dan mengelola situs atau halaman web. Dreamweaver merupakan software utama yang digunakan oleh Web Desainer maupun Web programmer dalam mengembangkan suatu situs web, karena Dreamweaver mempunyai ruang kerja, Fasilitas dan kemampuan yang mampu meningkatkan produktivitas dan efektifitas dalam desain maupun membangun suatu situs web.

BAB III

PEMBAHASAN

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini telah maju dan berkembang pesat. Peranan sistem sebagai media informasi sangatlah penting dalam menyuplai informasi. Dimana informasi yang cepat, tepat dan akurat mutlak dibutuhkan, secara manual untuk mencari informasi secara cepat, tepat dan akurat tidaklah mudah. terkadang bisa terjadi kesalahan karena kelalaian sumber daya manusianya oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang sudah terkomputerisasi.

Sistem yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah sistem database, sistem ini bisa dikatakan lebih efisien, hal ini dapat dilihat dari proses kecepatan, waktu, biaya, dan sebagainya. Mulai dari yang pertama yaitu kecepatan. Dengan sistem database semua data tersimpan didalam suatu program aplikasi komputer, tentu saja itu akan mempermudah dalam pencarian data dari pada data yang tersimpan secara manual. Sedangkan yang kedua yaitu ketepatan, tentu saja sistem database jauh lebih tepat dibandingkan sistem yang manual Hasil yang diharapkan dari perancangan tersebut adalah pemilik rental dapat dengan mudah dalam melakukan pengolahan data-data pada rental mobilnya, dan memudahkan dalam memberikan informasi tentang rental mobil tersebut. Selain itu konsumen atau peminjam dapat lebih mudah dalam melakukan pemesanan mobil yang akan digunakan, untuk calon peminjam dari luar kota mereka bisa melakukan pemesanan melalui internet, karena sistem ini dirancang untuk memudahkan bagi bagi calon peminjam dalam mencari informasi dan melakukan pemesanan.

3.1 Analisis dan perencanaan system

a. Identifikasi masalah

Penulis menemukan banyak kendala yang dihadapi oleh pemilik rental mobil. Kendala tersebut diantara meliputi:

  • Sepi pelanggan disaat hari kerja
    Rental mobil terkadang sepi pada saat hari kerja, dikarenakan pelanggan kebanyakan sibuk dengan aktifitas pekerjaan rutinnya. Rental mobil ramai ketika week end, liburan dan hari lebaran.
  • Perkembangan jumlah pelanggan yang rendah.
    Perkembangan jumlah pelanggan rendah yang dimaksud disini adalah jumlah kenaikan pelanggan baru tidak berkembang dengan pesat. Kebanyakan pengguna rental hanya orang yang itu-itu saja Karena sangat sedikit pelanggan baru. Dengan adanya sistem yang komputerisasi ini maka semoga dapat membuat peningkatan jumlah peminjaman mobil pada rental mobil Qozza Corp.
  • Sistem pelayanan dan promosi yang manual .
    Pelanggan yang ingin meminjam atau sekedar melihat mobil yang akan disewa maka harus mendatangi sendiri tempat rental (garasi mobil) untuk dapat memilih mobil yang diinginkan, dengan adanya sistem yang sedang dirancang ini maka nantinya pelanggan yang akan meminjam mobil bisa melihat, memilih dan memesan langsung mobil cukup melalui jaringan internet dengan cara mencari website rental mobil tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk datang ke tempat penyewaan mobil.

Berdasarkan kondisi diatas maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan- permasalahan di rental mobil Qozza Corp.

b. Perancangan sistem

Perancangan sistem merupakan tahapan untuk membangun sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan guna mengatasi permasalahan yang terjadi pada waktu melakukan penelitian. Sebelum melakukan perancangan yang lebih detail, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu metode perancangan. Metode perancangan merupakan suatu metode yang digunakan untuk menentukan tahapan dalam perancangan sistem.

3.2 Metode Penelitian

Metode perancangan sistem yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) yaitu siklus hidup pengembangan sistem. Pengembangan sebuah sistem mempunyai proses/urutan terkait dengan sistem yang dikembangkan.

SDLC sendiri adalah proses yang di gunakan oleh analisis sistem untuk mengembangkan sistem informasi mulai dari analisis/penentuan kebutuhan, perancangan sistem, implementasi system dan perawatan sistem.

Siklus SDLC dijalankan secara berurutan mulai dari langkah pertama sampai akhir, dan siklus ini berjalan secara terus menerus. Diharapkan dengan metode SDLC sebuah sistem dapat berkembang dan bekerja dengan baik, karena setiap tahapan SDLC yang telah selesai perlu dikaji ulang yaitu memastikan bahwa tahapan tersebut telah benar disamping itu juga SDLC ini berjalan terus menerus. Di bawah ini adalah tahapan SDLC yang harus dilakukan adalah:

A. Planning (perencanaan)

Untuk menentukan rencana sistem informasi rental mobil dapat menggunakan beberapa metode seperti feasibility (menduga-duga), melakukan wawancara, dan observasi. Informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh melalui pimpinan rental sendiri. Wawancara bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang dibutuhkan dalam perancangan sistem, sedangankan observasi system sebelumnya bertujuan untuk mengetahui kekurangan sistem sebelumnya agar sistem yang akan dibuat menjadi lebih baik.

B. Sistem Analisis

pada tahap analisis terbagi menjadi empat bagian yaitu: analisis teknologi, analisis informasi, analisis user, dan analisis biaya dan resiko.

  1. Analisis teknologi dilakukan dengan menganalisa kebutuhan sistem berupa sofware dan hardware.
  2. Analisis informasi menentukan informasi apa saja yang diperlukan dalam pembuatan sistem.
  3. Analisis user yaitu penentuan siapa yang akan menggunakan sistem.
  4. Analisis biaya dan resiko menentukan berapa besar biaya dan resiko yang akan ditanggung apabila sistem digunakan.

C. Sistem Desain

tahapan desain terbagi menjadi empat bagian, yaitu desain informasi, grafis, aplikasi dan database.

  1. Desain informasi merancang sistem informasi untuk input dan output yang dihasilkan.
  2. Desain grafis merancang interface sistem yang akan dibuat.
  3. Desain aplikasi merancang aplikasi yang sesuai dengan analisa dan kebutuhan sistem.
  4. Desain database membuat tabel-tabel database yang diperlukan dalam penyimpanan data.

Sistem aplikasi rental mobil Qozza Corp ini memiliki beberapa tabel database, dan masing-masing memiliki fungsi dan struktur yang berbeda. Struktur tabel yang terdapat pada database akan diuraikan pada TIC (Table Instance Chart).

Desain tabel user atau admin ini digunakan oleh administrator untuk memberikan hak akses kepada user untuk masuk kedalam sistem juga untuk membedakan antara admin dan user pemakai atau karyawan. Dibawah ini merupakan contoh tabel TIC untuk administrator :

Struktur tabel user / admin

Nama Field FK

type

FK Ref table FK

Column

Data type Max legt Null Sample data
Id_user PK INT 11 No 1
User name Varchar 255 No ilham
Password Varchar 50 No 1234567
Nama_lengkap Varchar 255 No Ilham vanny putra
Email Varchar 25 No admin@ilham.online
Level Enum(‘0’,’1’,’2’) 0

D. Sistem Implementasi

implementasi merupakan bagian untuk menerapkan tahapan-tahapan sebelumnya, yaitu implementasi penulisan program/pembuatan program, pemilihan sumber daya, pengujian dan sampai dengan diberikan kepada user. Penerapan desain aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan mySQL.

  • Halaman login
    Semua pengguna diharuskan untuk melakukan login sebelum masuk ke sistem baik itu user umum, maupun user karyawan ataupun user administrator. Satelah login berhasil maka muncul beberapa menu pilihan , misalnya home, profil, rental, tarif, ketentuan dan menu pemesanan. Dibawah ini merupakan tampilan menu ketika sebelum login dan form tampilan menu user.

Tampilan menu login

  • Halaman registrasi

Halaman registrasi ini tersedia untuk user umum yang ingin menjadi anggota rental mobil Qozza Corp juga berfungsi untuk melakukan pemesanan mobil secara online tanpa harus mendatangi kantor, tetapi untuk proses selanjutnya anggota yang sudah mendaftar dan memesan tetap harus datang untuk melakukan transaksi dan mengambil mobil, atau bisa juga mobil kami antar ketempat anda. Berikut ini adalah form registrasi untuk menjadi member rental mobil Qozza Corp :

Tampilan halaman registrasi

  • Halaman pemesanan mobil

Dibawah ini beberapa tampilan menu yaitu : tampilan menu pemesanan mobil, konfirmasi mobil, menu pemesanan mobil berisi merk mobil yang akan dipilih, type mobil sesuai dengan yang diinginkan, no polisi mobil, tanggal peminjaman,waktu / jam mulai pinjam mobil, lama peminjaman mobil, kemudian menu pilihan pakai sopir atau tidak.

Setelah data pemesanan diisi semua maka akan mendapat balasan dari pihak rental Qozza Corp.

Tampilan form pemesanan mobil

E. sistem pemeliharaan

berfungsi untuk melakukan pemeliharaan dan pengelolaan sistem agar tetap berjalan dan berfungsi dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

BAB IV

PENUTUP

4.1 KESIMPULAN

Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang melakukan sewa mobil di Qozza Corp.

Sistem informasi rental mobil berbasis web ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi pegawainya, tetapi juga para pelanggan . Kemudahan yang dirasakan oleh pegawai yaitu mudahnya memanajemen data- data peminjaman mobil, pegawai, termasuk daftar harga dan stok mobil yang tersedia.

Kemudahan juga dirasakan oleh konsumen, terutama untuk kalangan orang- orang yang sibuk dengan pekerjaannya, mereka cukup membuka dan mengakses website rental mobil kami dan dapat melihat stok mobil yang tersedia tanpa harus datang ketempat rental tersebut, disni konsumen juga diberikan kemudahan untuk melakukan pemesanan dan peminjaman mobil secara online.

 

DAFTAR PUSTAKA

Andi dan MADCOMS. 2011. Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MYSQL. Yogyakarta ; Andi (hal 13)

Handoyo Eko.2008. Aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit Berbasis Web Pada Sub-Sistem Farmasi Menggunakan Framework Prado . Universitas Diponegoro, Semarang : Jurusan Teknik Elektro.

Haryanto Bambang . 2004. Sistem Manajemen Basisdata, Pemodelan, Perancangan dan Terapannya. Bandung ; Informatika Bandung (hal 324-325)

Miranti. 2011. Aplikasi Pendataan kendaraan UD. Citra Jaya Motor Surakarta menggunakan PHP dan MYSQL. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Fakultas Teknik Informatika.(hal 8-12)

Syu Ling. 2008. Analisis Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang pada PT. Trisapta Eka Maju. Sekolah Tinggi Managemen Informatika & Komputer LIKMI BANDUNG.

Tirtana Lukman Arif. 2009.Komputerisasi Data Penyewaan Mobil di Iman Rent Car. Politeknik PPKP Yogyakarta : Fakultas teknik Informatika.

Perdana Fajar Ryandika. 2012. Sistem Aplikasi Penggajian Guru dan Karyawan Yayasan Al irsyad Al Islamiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta ; Fakultas teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *