Pengenalan Direktori Linux dan Fungsinya

Posted on

Pengenalan Direktori Linux dan Fungsinya

 

  1. /
    menunjukkan hirarki tertinggi dari sistem ditektori Linux dimana direktori ini membawahi direktori /bin, /usr, /home, /mnt dan direktori lainya.
  1. /bin
    berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh user biasa seperti perintah ls (menampilkan isi dari suatu direktori), cp (menyalin file dan direktori) dan perintah lain.
  1. /sbin
    berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti ifconfig (menampilkan informasi tentang kartu jaringan atau network device yang terpasang pada mesin).
  1. /home
    berisi data (musik,ebook,dokumen dll) dari user yang terdaftar dalam komputer/mesin yang bersangkutan. Selain untuk tempat penyimpanan data user, partisi /home juga digunakan oleh beberapa program untuk meletakan file konfigurasinya.
  1. /usr
    digunakan untuk menyimpan semua file binari dari linux yang diinstall, yang berisi paket program, dokumentasi, konfigurasi, aplikasi, library dan source aplikasi linux dan tidak terkecuali source code dari kernel GNU/Linux.
  1. /opt
    sama seperti “/bin”,/opt juga merupakan tempat meletakan aplikasi. Namun aplikasi yang diletakan disini biasanya bersifat optional.
  1. /root
    root adalah akun spesial. Begitu pula home direktori nya. Home direktori root tidak disatukan dengan pengguna lainnya, melainkan ada di /root/.Root merupakan “home”-nya superuser/root/administrator.
  1. /tmp
    singkatan dari temporary, adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, contoh ketika melakukan proses membakar (burning) cd, maka image (file iso) secara default dimasukkan ke direktori ini sebelum di burning ke cd (compact disk).
  1. /etc
    secara umum merupakan direktori tempat file konfigurasi berbagai macam service dan program yang terinstall di dalam sistem.
  1. /mnt
    berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer. Contohnya CD/DVD-ROM, floppy disk drive atau usb flash drive.
  1. /var
    direktori ini berisi file-file dan berbagai subdirektori yang isinya berubah seiring dengan berjalannya system. Tedapat beberapa direktori menarik yang terdapat di dalam sini. Salah satu nya /var/log/ yang berisi log dari apa yang system kerjakan.
  1. /boot
    digunakan untuk menyimpan file boot loader dan semua images dari kernel, berisi informasi yang berkaitan dengan device dan service yang dijalankan ketika komputer melakukan booting (proses komputer dari keadaan mati/off menjadi hidup/on).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *