Mengikuti TRAINING CENTER Polinela

Sabtu, 9 desember 2017 | di artikel ini saya kan share beberapa ilmu-ilmu yang saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan Training Center yang di adakan oleh badan eksekutif mahasiswa politeknik negeri lampung. Tujuan di adakan training ini adalah untuk meningkatkan  kualitas media online perguruan tinggi maka dari itu tema yang di angkat adalah optimalisasi kemediaan ormawa guna meningkatkan webometrics Polinela. faham dengan maksud dari tema tersebut ?
jika tidak, itu juga yang saya rasakan sebelumnya…saya bertanya2, webometric itu apa ? bagi saya itu kosa kata yang asing karna saya belum pernah mendengarnya sebelumnya. di bawah ini ringkasan pembahasan yang bisa saya tangkat dari pelatihan ini.

#1. Materi Pengenalan webometrics
webometrics adalah salah satu sistem mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh univeritas/politeknik atau pergurun tinggi terbaik di gunia (World Class University) yang dapat kita lihat di web webometrics.info. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia (sekalipun masih ada yang meragukan tingkat validitasnya).

Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian  webometrics

  1. Visibility : Impact(50%)  adalah jumlah link eksternal yang unik( total tautan eksternal yang unik dan di terima dari situs lain) hal ini biasa di kenal dengan sebutan backlink. data jumlah backlink tersebut di kumpulkan dari situs seperti majesic SEO dan Ahrefs. indikator hasilnya adalah penjumlahan jumlah backlink dan jumlah domain yang menanamkan backlink tersebut, kemudian dimasukan ke dalam akar pangkat dua.
  2. Activity (50%) :
    a. jumlah link yang terindeks oleh mesin pencarib. Jumlah file dokumen, contohnya seperti file berestensi adobe acrobat(.pdf), Ms Word(.doc) MS powerpoint(.ppt/pptx) dll yang berada pada domain universitas yang terindexs oleh mesin pencari (google Scholar)
    C. Jumlah artikel ilmiah yang di publikasi perguruan tinggi yang sudah terindeks di di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. dan termasuk jumlah paper akademik yang di publikasi dalam jurnal yang memiliki reputasi international.

cara cek rengking webometrics indonesia silahkan kunjungi situs ini http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesiaPembuatan subdomain ormawa dan komunitas yang ada di polinela. subdomain tersebut di harapkan dapat menjadi sarana media informasi dan komunikasi internal kampus dan eksternal kampus.

beberapa tips yang di berikan dalam tata cara pengelolaan subdomain tersebut :

  1. menciptakan konten yang relevan dengan bidangnya masing-masing. contoh : ukm ke agamaan al-banna mempublikasi konten yang berbagu agama islam dan kegitan-kegiatan yang ada di albanna.
  2. konten harus tepat, orisinal, menarik dan informatif
    konten yang tidak menyinggung orang lain(catatan  : konten dapat berupa vidio, image dll dan segala sesuatu yang dapat di lihat oleh visitor itu termasuk konten)
  3. membuat unit pelaksana kegiatan yang mengurusi layanan subdomain tersebut agar tugas dari  masing-masing anggota menjadi jelas.
  4.  memanfaatkan sosial media untuk menambah visitor
    jadi usahakan bagikan artikel yang ada di web terlebih dahulu, baru share image, vidio dll ke sosial media. (contoh : jika ada yang bertanya. katakan lihat web aja 🙂 )
  5. dan beberapa hal yang wajib di perhatikan seperti :
    – menegemen pengurus subdomain
    – managemen konten
    – UU ITE

Kutipan dari salah satu pemateri “Buatlah konten walaupun sedang tidak ada kegitan”

#2. Penulisan web

Tulislah dengan hati, intinya kurang lebih seperti itu. jadi setelah kita menulis dengan bahasa yang baik, coba baca kembali tulisan tersebut melalui sudut pandang orang lain.

#3. Pelatihan desain grafis

pelatihan desain grafis lebih di khususkan untuk peserta yang masih awam, jadi materi-materi yang di jelaskan masih tahap pemula.

mencoba membuat gambar seperti ini :
1. cari font yang bagus di internet, download dan install font tersebut
2. gunakan font
3. gunakan beberapa tools yang umum-umum.

#4. Fotografi Jurnalistik

Dalam menulis menyajikan tulisan ke web yang sudah di buat, ada beberapa tips yang harus di perhatikan

  • batasan waktu
    ciptakan karya tulis yang baru dari peristiwa yang baru dengan tepat waktu. jika informasi yang di berikan terlambat maka informasi tersebut menjadi basi
  • original
    pastinya konten yang di buat (dalam hal ini adalah gambar) adalah hasil original. tidak mengambil dari google atau memanilpulasi gambar tersebut.
  • narasi
    berikan informasi dengan data yang valid dan lengkap
  • Objektifitas
    keadilan, kenetralan, faktualitas, dan nonpartisan.

Teknik Pengambilan gambar

  1. Long Shot
  2. Medium shot
  3. big shot

motivasi  :

  1. disiplinlah dalam segala hal
    contoh : dalam hal waktu, membuang sampah, belajar dll
  2. Perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang
    buatlah rencana agar hal-hal yang anda lakukan lebih teratur
  3. Kemampuan bahasa inggris, jaman now harus bisa bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *