Laporan Install dan konfigurasi ssh server dan webserver

 

Install dan konfigurasi ssh server dan webserver

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Praktikum merupakan suatu proses yang sangat penting dalam belajar mengajar khususnya dalam ruang lingkup politeknik. Selain belajar teori mahasiswa juga diharuskan mengikuti kegiatan praktikum, kegiatan praktikum dilakukan untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang materi yang telah diberikan. Mahasiswa juga diwajibkan juga untuk membuat sebuah laporan praktikum yang berisi tentang apa yang telah dilakukan pada saat praktikum. Praktikum Minggu ini membahas tentang perintah dasar pada linux. Perintah dasar Linux dilakukan pada Terminal, yang disebut CLI ( Command Line InterFace ).

1.2 Tujuan

  • Mahasiswa dapat menjalankan Sistem Operasi Pada Linux Ubuntu Mneggunakan CLI.
  • Mahasiswa dapat mengetahui perintah-perintah dasar pada Linux.
  • Mahasiswa dapat memahami perintah pada Linux.

1.3 Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud dengan Linux ?
  • Perintah apa saja yang dapat diberikan kepada Linux?
  • Bagaimana Cara menggunakan perintah di Linux ?

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Linux

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.

2.2 Perintah Dasar Linux (Basic Command Line)

Pada dasarnya, Linux merupakan sistem operasi yang berbasiskan pada text (Text Bases) dalam sistem kerjanya. Bila ingin melakukan sesuatu terhadap komputer user bisa mengetikkan perintah-perintah yang kemudian dieksekusi oleh komputer. Sehingga mode teks terus melekat dengan Linux sampai saat ini, walaupun sekarang tampilan GUI (Graphic User Interface) Linux sudah semakin bagus dan memudahkan user. Perintah-perintah yang diketikkan itu biasa disebut Command Line. Untuk perintah-perintah dasar, biasa disebut Basic Command Line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *