INSTALL LINUX UBUNTU 16, APACHE, MYSQL DAN PHP

INSTALL LINUX UBUNTU 16, APACHE, MYSQL DAN PHP

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktikum adalah kegiatan merupakan hal uang sangat penting dalam proses belajar mengajar khususnya di ruang lingkup Politeknik Negeri Lampung. Selain belajar teori mahasiswa diharuskan mengikuti kegiatan praktikum , Kegiatan praktikum dilakukan dengan tujuan untuk menambah pemahaman tentang materi yang telah diberikan. Mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan praktikum yang berisi tentang kegiatan yang sudah dilakukan saat praktikum. Praktikum ini akan membahasa mengenai install lamp (Linux ubuntu 16, apache, mysql dan php) pada oracle VirtualBox.

1.2 Tujuan

  1. Mahasiswa dapat Malukan instalasi system operasi Ubuntu 16 menggunakan VirtualBox
  2. Mahasiswa dapat menginstall webserver apache pada linux Ubuntu
  3. Mahasiwa dapat menginstall dan mengkonfigurasi Mysql server
  4. Mahasiswa dapat menginstall php5 pada Ubuntu desktop
  5. Mahasiswa dapat mengkonfigurasi dan menginstall phpMyadmin

1.3 Rumusan Masalah

  • Bagaimana cara menggunakan Ubuntu desktop 16 pada VirtualBox ?
  • Apa saja yang di perlukan dalam menginstall Ubuntu desktop pada virtualbox ?
  • Apakah yang di maksud VirtualBox ?
  • Apakah yang di maksud Apache ?
  • Apakah yang di maksud MySQL?
  • Apakah yang di maksud PhpMyAdmin ?

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian instalasi sistem operasi

Instalasi system operasi merupakan proses melakukan pemasangan system operasi ke dalam suatu computer, Namun pada hal ini di implementasikan pada VirtualBox sehingga program aplikasi yang ada di dalamnya dapat berjalan dengan baik dan digunakan dengan baik oleh user atau pengguna. Dalam artian lain jika Sistem Operasi ini merupakan perangkat lunak atau software yang memang memiliki tugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras atau hardware komputer, dan bisa memudahkan pekerjaan pengguna (user).

2.2 Pengertian VirtualBox

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows tersebut. Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris

2.3 Pengertian Ubuntu

Ubuntu adalah sebuah distribusi Linux yang berdasar pada Debian. Ubuntu yang dirilis sejak 20 Oktober 2004, ternyata telah menurunkan beberapa distribusi turunan yang cukup banyak. Dari banyaknya turunan distribusi itu, dapat dikelompokan kedalam beberapa versi turunan, yaitu: versi turunan resmi, versi turunan yang disumbangkan, dan versi turunan pihak ke-3. Turunan Ubuntu ini hanya menginstall satu set paket yang berbeda dari Ubuntu yang asli, tetapi sejak para pengembang mencabut paket tambahan dan update dari repositori yang sama dengan Ubuntu, semua perangkat lunak tersedia untuk masing-masing versi.

2.4 Pengertian Apache

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

2.5 Pengertian MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

2.6 Pengertian PhpMyAdmin

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *