Jenis Hard Drive pada VirtualBox

Posted on

Jenis Hard Drive pada VirtualBox | Saat ingin membuat Virtual Mesin yang baru maka di haruskan mensetting VirtualBox sebelum proses virtualisasi kita jalankan. nah pada tahap memilih jenis Hard drive yang di gunakan, Mungkin kalian kurang faham mengenai tahapan ini. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai maksud dari type-type Hard drive pada VirtualBox.

  • VDI (Virtual Disk Image)
    VDI Merupakan Virtual Format drive yang digunakan oleh Oracle VM VirtualBox, program virtualisasi desktop open-source, dapat dipasang sebagai harddisk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi .
  • VMDK (Virtual Machine Disk)
    VMDK Merupakan Virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware, dapat diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware, biasanya bernama “[vmname] vdmk;.” Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh dari waktu ke waktu menggunakan Virtual Disk Manager VMware.
  • VHD (Virtual Hard Disk)
    VHD merupakan file gambar Harddisk yang digunakan oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu.VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.
  • HDD (Parallels Hard Disk)
    HDD Merupakan harddisk virtual yang dibuat oleh perangkat lunak Virtualisasi Parallels Desktop, menyimpan data untuk hard drive mesin virtual. HDD digunakan untuk memuat file VM ketika VM dimulai. File HDD disimpan dalam PVM file mesin virtual.
  • QED (QEMU Enchanced Disk)
    QED Merupakan format baru QEMU diskyang masih dalam developement sangat awal disebut QED yang merupakan singkatan dari QEMU format disk. RFC untuk format disk baru ini pertama kali diterbitkan September 2010 pada QEMUmailing list. Meskipun Anda bisa berpendapat bahwa ada format QEMUdisk yang cukup, QED mencoba untuk menghindari beberapa perangkap desain QCOW2 dan dapat dianggap sebagai generasi berikutnya format QEMU disk.
  • QCOW (QEMU Copy On Write)
    QCOW merupakan format file untuk file image disk yang digunakan oleh QEMU. QCOW adalah singkatan dari “QEMU Copy On Write” dan menggunakan strategi optimasi storage disk yang menunda alokasi penyimpanan sampai benar-benar dibutuhkan. File dalam format QCOW dapat berisi berbagai image disk yang umumnya terkait dengan sistem operasi tambahan tertentu. Dua versi dari format yang ada yaitu QCOW dan QCOW2.

itu dia PENGERTIAN Dari VDI,VMDK,VHD,HDD,QED,dan QCOW, Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *