Cara setting dns cloudflare

Posted on

Cara setting dns di cloudflare sangatlah mudah bagi anda yang memang sudah terbiasa berintraksi dengan server, seorang blogger atau bahkan seorang pelajar. namun sebagian orang masih ada yang bingung untuk mengatur dns di cloudflare dengan benar.

di artikel ini tidak akan di bahas tentang bagaimana cara buat akun cloudflare / Register cloudflare namu hanya akan membahas tentang cara setting dns cloudflare, cara menonaktifkannya. kelebihan yang menjadikan banyak orang menggunakan cloudflare adalah dapat mengatasi serangan ddos dan privasi ip server tersembunyi.

agar memudahkan dalam memahami tutorial ini maka admin menyertakan gambar dalam langkah-langkahnya. oh iya sebenarnya inti pada artikel ini adalah menyamakan antara records DNS yang berada di cpanel dengan records DNS pada akun cloudflare anda.

Langkah-langkah dalam mensetting record DNS cloudflare

  1. login ke cpanel

    kemudian klik Advanced Zone Editor lalu pilih nama domain yang akan kita setting dns recordnya. Login juga ke cloudflare kemudian masuk ke tab DNS dan samakan antara record yang ada di cpanel dengan yang akan kita setting di DNS cloudflare. cara menambahkannya secara satu persatu.
    contoh : recored type cname, name www, value ilham dan pada TTL biarkan default Automatic dan jika statusnya kuning berarti cloudflare di aktifkan
  2. namun saran admin, tambahkan record yang akan anda gunakan saja.
    contoh : record webmail berfunsi agar form login Email dapat di akses. untuk mengaksesnya cukup mengikan sumdomain mail.namadomainanda

Tunggu hingga propagasi selesai. dan sekarang coba gunakan service (layanan) yang sudah anda setting. dan bagaimana cara menonaktifkan cloudflare ? anda cukup mengubah nameserver di penyedia domain anda ke nameserver server anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *